Senin, 18 Februari 2019

WORKSHOP

WORKSHOP E-LEARNING DAN PEMBELAJARAN

Komunitas MGMP IPA Kabupaten Luwu Utara, pada pekan pertama bulan Februari tahun 2019 merealisasikan salah satu program kerjanya untuk tahun 2019 ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk Workshop yang dikemas dan dilaksanakan dengan pola In-On-In. Kegiatan In Service 1 dilaksanakan selama dua hari yatiu Jum'at dan Sabtu tanggal 1-2 Februaru 2019. Kegiatan berlanjut dengan On The Job Learning di mana para peserta workshop mempraktekkan atau mengimplementasikan hasil yang diperoleh pada kegiatan workshop di sekolah masing-masing. Kegiatan on service berlangsung dari tanggal 4 Februari dan, jika tak ada aral melintang kegiatan in service 2 dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2019. Kegiatan Workshop dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara Bapak Drs. Jasrum, M.Si.

Kegiatan Workshop E-Learning dan Penilaian dilaksanakan di AULA UPT SMP Negeri 4 Masamba. Kegiatan pembukaan selain dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, juga dihadiri oleh Kepala Seksi Pembinaan GTK SMP Amzal Farid Ahmad, S.Kom. dan Kepala UPT SMP Negeri 4 Masamba selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan workshop. Kegiatan Workshop dihadiri oleh 61 orang peserta yang berasal dari komunitas MGMP IPA Luwu Utara dan guru dari mata pelajaran lain.

Ada pun Nara sumber dalam kegiatan ini adalah Duta Rumah Belajar Nasional Sulawesi Selatan, Yundini, S,Pd. (Guru IPA UPT SMPN 4 Masamba) dengan materi pengenalan fitur rumah belajar dan pembuatan kelas maya. Selain itu, untuk materi penilaian dibawakan oleh Bapak Muh. Aris, S.Pd. yang juga Guru IPA dari UPT SMP Negeri 2 Baebunta Selatan (Ex. UPT SMPN 4 Baebunta) Kab. Luwu Utara.


Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara, dan diharapkan dapat berimbas kepada kelompok MGMP yang lain. Dalam sambutannya, Syamsir, S.Pd. ketua MGMP IPA Wilayah 1 Kab. Luwu Utara yang juga new comer di Ikatan Guru Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini berjalan karena keinginan teman-teman untuk meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar